10
Nov

Testimoni Adalah Alat Promosi Yang Jitu?

Testimoni adalah sebuah kesaksian yang biasanya berupa pernyataan yang disampaikan oleh seorang konsumen untuk merespon terhadap suatu produk atau jasa.

Kesaksian ini bisa saja dalam bentuk tulisan di media cetak ataupun media online. Atau bahkan di jaman sekarang ini bisa juga dalam bentuk video dan bisa dilihat secara online.

Umumnya testimoni berupa ungkapan kepuasan dalam bentuk komentar, saran atau opini. Testimoni sering kali digunakan sebagai alat atau cara terbaik untuk meyakinkan konsumen lain atas sebuah penawaran sebuah produk ataupun jasa.

Tetapi ada syarat utama di dalam menyajikan sebuah testimoni. Syarat utama dalam testimoni adalah harus berkaitan atau ada relevansinya terhadap kondisi produk yang sedang ditawarkan.

Lalu, bagaimanakah cara mengemas testimoni agar benar-benar menarik dan dapat menaikkan kepercayaan konsumen terhadap penawaran Anda khususnya jika Anda sedang menjalankan sebuah toko online?

3 Tips dan Cara Membuat Testimoni Adalah Sebagai Berikut:

1. Memanfaatkan Testimoni Pelanggan

Testimoni jenis ini adalah ungkapan konsumen atas pengalamannya selama atau setelah mereka menggunakan produk atau jasa Anda.

Dengan mencantumkan testimoni di lapak toko online atau di website Anda, maka dapat membangun trust atau kepercayaan terhadap calon konsumen atau orang yang masuk ke toko online Anda dan membaca testimoni tersebut.

Efek positif testimoni adalah orang akan (mulai) percaya dan penasaran dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dalam hal ini, yang perlu Anda perhatikan adalah benar-benar menjaga kualitas produk sehingga pelanggan memberikan testimoni positif yang dapat menarik konsumen lainnya.

2. Meminta Dukungan Testimoni Dari Para Ahli

Agar toko online Anda menjadi terpercaya dan kredibel, tips berikutnya adalah dengan meminta testimoni dari para ahli yang sesuai dengan jenis bisnis yang Anda geluti.

Jika beberapa ahli telah mempercayai bisnis online Anda, bukan tidak mungkin para konsumen akan semakin yakin dengan kualitas produk atau jasa yang Anda pasarkan di toko online tersebut.

Testimoni dari para ahli ini bisa juga berasal dari suatu organisasi ataupun komunitas tertentu yang memang berkaitan erat dengan produk Anda. Bahkan testimoni seperti ini lebih powerful, dikarenakan mewakili dari sekumpulan orang yang otomatis akan memperkuat sebuah testimoni.

3. Mintalah Public Figure Untuk Memberikan Testimoni

Selain para pakar yang sesuai dengan bisnis Anda, memanfaatkan public figure untuk memberikan testimoni juga termasuk dalam kategori strategi bisnis yang telah terbukti dapat memikat calon konsumen.

Apalagi jika public figure tersebut sangat terkenal dan diidolakan oleh masyarakat. Bisa jadi public figure tersebut bisa menggantikan peranan brand ambassador untuk memperkuat pencitraan produk atau jasa toko online Anda.

Testimoni adalah trik marketing yang sudah lazim digunakan oleh pelaku bisnis online. Tidak sedikit yang menjadikan testimoni ini sebagai bagian dari alat promosi. Testimoni tidak melulu tentang komentar atau tanggapan konsumen tentang sebuah produk, tetapi bisa hal-hal yang ada di sekitarnya. Misalnya saja cara membeli atau mendapatkannya, lama waktu pengiriman barang, cara pembayaran, dan sebagainya.

Untuk itu pengalaman konsumen dalam mendapatkan produk perlu diperhatikan oleh Anda sebagai penggiat bisnis. Supaya benar-benar bisa memberikan kesan menyenangkan atau paling tidak sesuai dengan ekpektasi mereka.

Baca : 5W1H adalah alat untuk investigasi, benarkah?