Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat

Tips Memilih Bisnis Franchise

mgt-logistik.com – Tips Memilih Bisnis Franchise yang Tepat – Untuk memulai usaha, saat ini tersedia beragam jenis usaha yang dapat diperoleh melalui bisnis waralaba atau lebih dikenal dengan sebutan franchise. Bisnis franchise menjadi pilihan yang popular saat ini karena sudah memiliki gambaran akan modal yang pasti dan reputasi bisnis yang cukup baik dari usaha tersebut. Jadi Anda tidak harus memulainya benar-benar dari awal sekali, yang membutuhkan waktu lebih lama untuk merencanakan dari konsep awal, kebutuhan modal, target konsumen dan mengenalkan produk kepada konsumen.

Namun demikian, dalam memilih bisnis franchise tersebut dibutuhkan kehati-hatian agar tidak menimbulkan kerugian dikemudian hari. Berikut 6 tips memilih bisnis franchise yang tepat, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pilihlah bidang franchise yang disukai

Memilih bidang yang disukai sangat membantu dalam menjalani bisnis tersebut kedepannya. Bidang yang disukai seperti kuliner makanan atau minuman, jasa seperti laundry sepatu, minimarket atau lainnya, perlu dikenali dari awal. Dengan memilih bidang yang disukai, tentunya jika menghadapi tantangan dalam pengembangannya akan lebih kuat dalam menjalaninya, karena bidang tersebut adalah bidang yang diminati sejak awal.

2. Sesuaikan dengan modal yang dimiliki

Penting untuk memastikan franchise yang akan dibeli tersebut sesuai dengan modal yang dimiliki.

Harga franchise yang dibeli harus dipertimbangkan dengan sebaik-baiknya. Apalagi kalau ini adalah bisnis pertama yang Anda jalani. Sebaiknya pilih produk bisnis franchise yang memiliki kualitas yang baik dengan harga terjangkau. Perlu memiliki banyak informasi dan melakukan studi banding dari beragam bisnis franchise yang ada saat ini sesuai bidang yang diminati. Termasuk membandingkan dari segi harga dan produk yang dijual.

3. Pilih produk yang memiliki banyak konsumen

Miliki pengetahuan yang cukup akan konsumen yang menjadi target bisnis franchise yang akan dipilih. Perlu dipastikan bahwa peminat atau konsumen dari produk yang dijual tersebut masih besar pasarnya. Terdapat beberapa bidang usaha franchise yang menjanjikan saat ini. Misalnya yang memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum seperti apotik, swalayan, bengkel atau laundry. Bisa juga yang persaingannya sudah cukup banyak seperti toko pakaian, kuliner makanan atau minuman.

4. Pilih franchise yang diminati banyak orang

Memilih bisnis franchise yang sudah dikenal dengan baik di masyarakat, akan memudahkan dalam menawarkan produk yang dimiliki. Dikenalnya produk yang baik dalam bisnis sangat penting dalam menarik minat konsumen. Bila Anda dapat mengelola resiko dengan baik., dapat juga memilih dan menjalani bisnis franchise yang baru berkembang. Sehingga ada peluang untuk membuat bisnis ini lebih besar lagi.

5. Cek bisnis franchise yang dipilih

Kenali dan cari tahu dengan detail tentang perusahan pemilik waralaba yang dipilih atau franchisor. Mengetahui dengan baik informasi penting dari franchise yang dibeli akan membantu Anda untuk menentukan apakah bisnisnya tersebut baik dan berkembang. Anda juga dapat mempelajari laporan keuangan perusahan tersebut. Franchisor yang profesional tentunya mau untuk menunjukkan laporan keuangan dan perkembangan bisnisnya secara baik dan benar. Dari laporan keuangan tersebut akan menunjukkan tingkat kesehatan dari suatu bisnis yang dijalani. Pelajari kontrak kerjasama yang terjalin dengan sebaik-baiknya agar tidak menimbulkan kerugian dikemudian hari.

6. Tentukan lokasi yang tepat dan strategis

Ketika sudah memilih bisnis franchise yang sesuai dengan kemampuan, keinginan dan kebutuhan, langkah selanjutnya yaitu memilih lokasi bisnis yang tepat dan strategis. Pemilihan lokasi menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan bisnis, karena mampu mendatangkan konsumen yang lebih banyak. Kabar baiknya, biasanya untuk penentuan lokasi mendapatkan masukan dari franchisor agar bisnis tersbut dapat maju dan berkembang. Dapat memilih lokasi di tempat-tempat keramaian, misalnya dekat dengan kawasan perkantoran, perumahan, kampus, pusat perbelanjaan dan lain-lain. Lokasi yang strategis akan memberikan peningkatan dalam penjualan dan keuntungan yang akan diperoleh.

bona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Mengenal Produk Indonesia : Astec

Tue Aug 24 , 2021
mgt-logistik.com – Mengenal Produk Indonesia Astec. – Astec adalah merek produk dalam negeri. Didirikan oleh dua orang legendaris bulu tangkis Indonesia yaitu Alan Budikusuma dan Susi Susanti. Astec sendiri adalah singkatan dari Alan Susi Technology dengan nama perusahaan PT. Astrindo Jaya Sport Mengenal Produk Indonesia : Astec Alan Budikusuma adalah […]